Contact Form

 

Perubahan dan Perkembangan Organisasi

BAB I
PENDAHULUAN
Pengertian Pengembangan Organisasi
Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.

BAB II
TEORI
   Alasan akan pentingnya pengembangan Organisasi
·      Perubahan adalah pertanda kehidupan
   Perubahan memberikan harapan
   Pengembangan merupakan tanggapan atas perubahan
   Pengembangan merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal baru (perubahan)


Factor – Faktor Perubahan Organisasi

1.      Lingkungan Intern
Unsur – unsur lingkungan perusahaan
a.  Pasar yang dilayani perusahaan (client)
b. Pemasok
c. Lembaga Pemerintah dan Parlemen
d. Asosiasi niaga
e. Pesaing
f.   Lembaga keuangan
g. Pemasok tenaga kerja
h. Tingkat pengangguran
i.   Kondisi perekonomian
j.   Kemajuan teknologi
k. Perkembangan sistem komputer dan informasi
l.   Perkembangan e-commerce dan penggunaan internet

1.       Perubahan dari Lingkungan
2.       Perubahan Internal, mencakup :
- Serikat buruh yang makin berpengaruh
- Pergantian direktur atau manager
- Perubahan struktur administrasi
- Penataan kelompok kerja
- Perubahan tata ruang kantor / pabrik
- Pembelian sytem TI baru
- Strategi pemasaran baru
- Pemotongan lembur
- Perampingan staf
- Penguatan bagian tertentu seperti riset dan pengembangan

Lingkungan sebuah perusahaan juga mencakup faktor-faktor pengaruh yang lebih luas lagi seperti :
a.    Globalisasi atau Perluasan wilayah operasi tujuan
b.    Reformasi politik
c.    Serikat pekerja atau Sikap & perilaku dari para anggota organinsasi
d.    Perubahan status perusahaan dari milik negara menjadi swasta atau sebaliknya dan Perubahan kebijakan pimpinan

e.    Perubahan tujuan atau Perubahan demografis dan struktur keluarga
f.     Volume kegiatan bertambah banyak

2.   Lingkungan Ekstern

Pengaruh PETS (Politik, Ekonomi, Teknologi dan Sosial)
Beberapa hal yang mempengaruhinya, yaitu:
a.    PETS mempengaruhi perusahaan pada strategi, struktur dan operasi termasuk kebijakan SDM
b.    PETS merupakan metafora agar kita bisa membedakan berbagai aspek lingkungan perusahaan dan kaitan spesifikasinya dengan perusahaan sebagai pemicu perubahan.

Selain itu faktor dari lingkungan ekstern antara lain:

a.    Politik
Perubahan dari Lingkungan Politik
a.       Perubahan lingkungan politik tidak saja langsung mempengaruhi perusahaan, tetapi juga berimbas pada perubahan lingkungan ekonomi.
b.       BBM naik daya beli masyarakat rendah.
c.       BBM turun akan mempengeruhi penerimaan pajak dan dampak negatifnya kemampuan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan akan berkurang.
b.    Hukum
c.    Kebudayaan
Perubahan dari Lingkungan Kebudayaan dan Sosial Budaya
a.       Harapan kenaikan standar hidup secara terus-menerus, sementara peluang pekerjaan permanen yang aman makin langka.
b.       Faktor demografis membuat berlimpahnya jumlah kaum muda memasuki pasar kerja.
c.       Perubahan struktur keluarga dimana kaum perempuan juga berharap dapat meniti karir seperti layaknya suami mereka.
Perusahaan juga dituntut meningkatkan perhatian pada aspek kreatifitas karyawan dengan melakukan penataan sistem untuk mendorong inovasi.
d.    Teknologi
Perubahan dari Lingkungan Teknologi
a.       Bersumber pada sikap mengacuhkan perubahan lingkungan teknologi
b.       Internet merupakan faktor terpenting dan menyentuh hampir semua aspek operasional perusahaan
c.       Penggunaan internet bukannya tanpa masalah, karena staf menggunakan e-mail dan internet di tempat kerja mencemaskan para atasan sebab penggunaan e-mail menyimpang dari pekerjaannya.
e.    Sumber Daya Alam
f.     Demografi
g.    Sosiologi
h.   Ekonomi
Perubahan dari Lingkungan Ekonomi, yaitu:
-        Pesaing
-        Kurs mata uang
-        Pajak
-        Perijinan
-        Standar Gaji Minimum


Dan ada pula Proses dari Perubahan, yaitu :
1.      Mengadakan pengkajian
2.      Mengadakan identifikasi
3.      Menetapkan perubahan
4.      Menentukan strategi
5.      Melakukan evaluasi

Ciri-ciri pengembangan organisasi, antara lain:
         merupakan usaha yang dilakukan secara berencana.
         mencerminkan suatu proses yang berlangsugn terus-menerus.
         berorientasi masalah organisasi yang harus dipecahkan.
         merupakan usaha ke arah penyempurnaan organisasi.
         merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar organisasi.
Metode pengembangan Organisasi, yaitu:
-      Jaringan manajerial
-      Latihan kepekaan
-      Pembentukan tim
-      Umpan balik Survey
Metode Pengembangan Keterampilan & Sikap
-      Latihan ditempat kerja
-      Latihan instruksi kerja
-      Latihan diluar tempat kerja
-      Latihan ditempat tiruan
BAB III
ANALISA
Perubahan Organisasi merupakan modifikasi substantif pada beberapa bagian organisasi. Dimana perubahan ini dilakukan untuk mengembangkan organisasi lama menjadi lebih baru dengan mengikuti perkembangan yang ada.
            Kemajuan teknologi yang berkembang cepat, mempengaruhi organisasi untuk mengikuti keadaan tersebut untuk meningkatkan mutu organisasi dan mempermudah memanage proses organisasi dengan method-method baru.
             Perubahan organisasi merupakan langkah awal pengembangan organisasi baik dalam sistem ataupun infrastruktur didalamnya untuk mendukung kegiatan menjalankan tugas-tugas dari tiap-tiap bagian agar tercapai tujuan dengan baik.
BAB IV
REFERENSI
http://id.wikipedia.org/wiki/Metode_komunikasi_organisasi
http://adiprakosa.blogspot.com/2008/07/komunikasi-organisasi.html
http://adiprakosa.blogspot.com/2008/07/komunikasi-organisasi.html


Total comment

Author

Unknown

1  comments

Post a Comment

Cancel Reply