Contact Form

 

Tugas 2 Pengantar Telematika

  1. Jelaskan bagaimana peranan jaringan komputer baik yang menggunakan kabel maupun tanpa kabel dalam penyebarluasan layanan telematika! Berikan contohnya!
  2. Bagaimana mencegah gangguan - gangguan yang akan muncul pada jaringan komputer sebagai sarana penunjang layanan telematika! Berikan contoh gangguan yang ada pada layanan telematika!
  3. Jelaskan fasilitas - fasilitas apa saja yang diperlukan guna menunjang layanan telematika yang berhubungan dengan jaringan komputer!

  1. Jaringan komputer merupakan hal yang terpenting dalam menghubungkan setiap alat komputer mendapatkan sebuah layanan telematika yang luas, baik menggunakan kabel ataupun tanpa kabel (nirkabel). Dijaman sekarang, perkembangan jaringan komputer berkembang sangat pesat, karena besarnya keinginan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat. Orang - orang lebih memilih menggunakan gadget mereka dengan dukungan jaringan tanpa kabel karena sifatnya yang fleksibel bisa digunakan dimana saja tanpa harus membuka laptop, pc ataupun mencari warnet. Contohnya adalah penggunaan komputer yang menggunakan internet dahulu dengan basis dial-up, sekarang berkembang dengan basis DSL, dalam hal kecepatan koneksi sangat jauh berbeda, dikarenakan internet menggunakan DSL mendapat prioritas lebih utama ketimbang dengan basis dial-up.
  2. Beberapa cara mencegah gangguan yang muncul dalam jaringan komputer, yaitu
    • Mensyaratkan bahwa informasi (data) hanya bisa diakses oleh pihak yang memiliki hak aksesnya.
    • Mensyaratkan bahwa informasi tersedia untuk pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan.
    • Mensyaratkan bahwa pengirim suatu informasi dapat diidentifikasi dengan benar dan ada jaminan bahwa identitas yang didapat tidak palsu.
    • Mensyaratkan bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki hak aksesnya.
    • Mensyarakat bahwa baik pengirim maupun penerima informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan penerimaan pesan.
      Berikut adalah contoh gangguan - gangguan yang dapat menyerang layanan telematika :
    • Noise, suatu sinyal gangguan yang bersifat akustik (suara), elektris, maupun elektronis yang hadir dalam suatu sistem (rangkaian listrik / elektronika) dalam bentuk gangguan yang bukan merupakan sinyal yang diinginkan.
    • Flooding, teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu jenis serangan Denial-of-Service yang menggunakan paket - paket SYN. Denial of Service (DoS) merupakan serangan dimana suatu pihak mengekploitasi aspek dari suite Internet Protocol untuk menghalangi akses pihak yang berhak atas informasi atau sistem yang diserang.
    • Virus, sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dariuser itu sendiri.
    • Sniffer, sebuah device penyadapan komunikasi jaringan komputer dengan memanfaatkan modepremicious pada ethernet.
  1. Kegiatan penyediaan fasilitas jaringan telematika meliputi keseluruhan fasilitas dan elemen jaringan sehingga membentuk jaringan untuk menyalurkan beragam layanan aplikasi telematika. Contoh : stasiun bumi, kabel serat optik, saluran telekomunikasi dan sentral switching, perangkat transmisi komunikasi radio, BTS, dan menara transmisi.

Total comment

Author

Unknown

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply