Contact Form

 

Manusia dan Cinta Kasih


Nama    :   Rizki Candra Nugraha
Kelas     :   1KA24
NPM      :   16112552

Cinta adalah rasa sangat suka, sayang, sehingga hatinya sangat tertarik. Dan kasih ialah memberi atau menaruh perasaan sayang dan cinta. Sebenarnya arti cinta dan kasih ini hampir sama.  Karena itu cinta kasih bisa diartikan sebagai perasaan suka dan sayang kepada seseorang yang disertai dengan rasa yang sangat mendalam. Cinta merupakan peranan sangat penting bagi kehidupan manusia, karena merupakan landasan membentuk suatu keluarga, menjalin hubungan yang erat dimasyarakat secara akrab dan manusiawi. Cinta juga tidak mengharuskan kita untuk mencintai sesama manusia, setiap yang ada di isi bumi ini dapat kita cintai mulai dari hewan, tumbuhan, alam serta ekosistem yang membangun kelancaran hidup di dunia ini. Dan tak lupa kecintaan kepada yang telah menciptakan semua alam semesta ini, Tuhan Yang Maha Esa haruslah amat kokoh dengan berpegang teguh pada syariatNya dan mengikuti perintahNya.
Pengertian tentang cinta juga dikemukakan oleh Dr. Sarlito W. Sarwono, ia mengatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu keterikatan, keintiman dan kemesraan, yang setiap unsur ini memiliki arti. Keterikatan, perasaan hanya untuk bersamanya, segala prioritasnya untuk dia. Keintiman adalah adanya kebiasaan – kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi. Dan unsur kemesraan yang berarti adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen karena jauh dan lama tak bertemu.
Cinta memiliki tiga tingkatan, pertama cinta tingkat tertinggi adalah kecintaannya kepada Allah, Rasullah dan berjihad di jalan Allah. Kedua cinta tingkat menengah, cinta kepada orang tua, anak, istri/suami  dan kerabat dan yang ketiga cinta tingkat terendah lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.
Tingkatan cinta tersebut telah ada dalam firman Allah, dalam surah At-Taubah ayat 24 :


 قُلْ إِن كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَآؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُم مِّنَ اللّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُواْ حَتَّى يَأْتِيَ اللّهُ بِأَمْرِهِ وَاللّهُ لاَ يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ
Artinya : “Katakanlah : Jika bapak-bapak kamu, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasulnya dan berjihad di jalanNya, maka tunggulah sampa Allah mendatangkan keputusanNya. Dan Allah memberi petunjuk kepada orang-orang fasik”.

                Mencintai Allah dan RasulNya melebihi dari segalanya adalah menuju jalan yang hakiki. Cinta ini akan membuat seseorang menjadi mencintai sesama manusia, hewan, semua makhlukNya dan seluruh alam semesta ini. Cinta kepada manusia juga hendaknya bisa diseimbangkan sehingga bila ada kesusahan orang lain bisa memberi bantuan dan bisa bekerja sama dengan baik dalam membangun sebuah usaha. Dan kurangilah cinta terhadap diri sendiri karena ini dapat membuat manusia lupa akan tujuan hidupnya di bumi ini, karena cinta ini meliputi kecintaannya akan harta demi mencapai kesenangan dan kemewahan hidupnya dan bila terjadi kegagalan dalam mencapainya ia melakukan segala apapun demi mengembalikan dan memulihkan nya kembali.
                Kasih sayang dasar dalam berkomunikasi dalam keluarga antara anak dan orang tuanya. Maka dari itu pengembangan diri pada anak tak boleh lepas dari kasih sayang dan perhatian orang tua, suatu hubungan akan menjadi lebih baik bila terjadi secara timbal 2 arah antara anak dan orang tua. Macam-macam cinta kasih dari orang tua.
                Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab.kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.  Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Filusuf Rusia dalam bukunya makna kasih mengatakan “jika seorang pemuda jatuh cinta pada seorang gadis secara serius, ia terlempar keluar dari cinta diri, Ia mulai hidup untuk orang lain”  Pernyataan ini dijabarkan secara indah oleh William Shakespeare dalam kisah “Romeo dan Juliet”, bila di Indonesia kisah ”Roro Mendut dan Prono Citro”  Yose Ortage Y. Gasset dalam novelnya “On Love” mengatakan, dikedalam sanubarinya seorang pencinta merasa dirinya bersatu tanpa syarat dengan obyek cintanya. Persatuan bersifat kebersamaan yang mendasar dan melibatkan seluruh eksistensinya. Selanjutnya Yose mengatakan, bahwa si pencinta tidaklah kehilangan pribadinya dalam aliran enersi cinta tersebut. Dan kadang kemesraan disamakan dengan cinta kasih erotis.
                Pemujaan adalah salah satu ekspresi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.


                

Total comment

Author

Unknown

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply