Contact Form

 

Manusia dan Penderitaan


                Semua orang pernah mengalami penderitaan, karena ini sudah merupakan resiko bagi manusia yang hidup dimuka bumi ini. Penderitaan adalah menanggung dan merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan dalam hidup ini, baik lahir maupun batin. Tuhan telah memberikan cobaan itu kepada manusia semata – mata agar manusia sadar akan nikmat yang telah diberikan dan tidak begitu saja lupa akan siapa yang telah memberikan nikmat itu sendiri. Penderitaan yang kadang ada di sekitar kita, penderitaan fisik yang mana membatasi ruang lingkup gerak, penglihatan, penciuman maupun pendengaran dan berbicara. Penderitaan psikis yang membuat seseorang depresi akibat kegagalan, bencana, yang timbul karena kesalahan ia sendiri, yang terkadang juga membuat mereka hilang kontrol.
                 Penderitaan psikis ini juga bisa terjadi akibat siksaan yang dilakukan oleh orang lain terhadap si penderita sehingga meninggalkan kenangan buruk yang membuat penderitanya sulit untuk melupakan dan membutuhkan waktu yang lama. Siksaan ialah membuat seseorang menderita baik badan maupun rohani orang itu. Siksaan yang bersifat psikis itu seperti kebimbangan, kesepian,  dan ketakutan. Ketakutan atau phobia adalah rasa takut yang membuat seseorang merasa tidak nyaman akan tempat yang tinggi, sepi dan gelap.
                Kekalutan mental adalah gangguan kejiwaan akibat ketidak mampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga orang itu bertingkah laku yang tidak wajar.
Gejala seseorang mengalami kekalutan mental seperti, dalam jasmaninya sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung. Dan pada kejiwaannya sering merasakan cemas, ketakutan, cemburu dan mudah marah.
Tahapan bila seseorang mengalami gangguan kejiwaan, gangguan kejiwaannya itu telah nampak dari jasmani maupun rohaninya, bila menghadapi masalah bukan langsung menyelesaikannya tetapi lari dari masalah itu sehingga membuat beban pikiran dan mentalnya down.
Sebab timbulnya kekalutan mental, kepribadian yang lemah sehingga orang itu merasa rendah diri dan menghancurkan mentalnya, terjadinya konflik sosial budaya sehingga orang itu susah menyusuaikan diri dengan kehidupannya.
Proses kekalutan mental seseorang yang mendorongnya ke arah positif dengan beribadah dan memohon doa kepada yang menciptakannya agar diberi ketenangan dan kemudahan menghadapi cobaan.
                Timbulnya penderitaan ini bisa disebabkan oleh perbuatan buruk manusia terhadap manusia lain atau pun terhadap alam yang mengakibatkan kelalaian  dan penderitaan bagi manusia yang tinggal disekitarnya seperti peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc pada 29 Mei 2006 hingga sekarang yang masih menyisakan tumpukan lumpur yang tinggi. Dan warga di sekitarnya kehilangan tempat tinggal.
                Pengaruh positif bila seseorang mengalami penderitaan, ia dapat bersikap positif dan menerima bahwa penderitaan bukanlah untuk disesali berkepanjangan, dan ia selalu mencoba berusaha untuk tidak mudah menyerah dan putus asa. sedangkan pengaruh negatifnya, seseorang akan terpuruk, putus asa dan menyesal.


                

Total comment

Author

Unknown

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply