Contact Form

 

Pertentangan - Pertentangan Sosial dan Integrasi Sosial Nasional

Nama  : Rizki Candra Nugraha
Kelas  : 1KA24
NPM   : 16112552


Arus globalisasi yang masuk ke dalam masyarakat sangat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa seseorang. Pengaruh globalisasi tersebut telah menimbulkan dampak yang cukup banyak dalam lingkungan masyarakat. Pola-pola interaksi di dalam pergaulan sehari-hari dapat menjadi suatu cara atuapun pola di dalam bersikap atauberbuat dengan sesama makhluk hidup. Sikap dan perbuatan manusia tersebut menjadi suatu perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga menjadi pola yang melembaga dan menjadi patokan sebagai suatu normal serta kaedah kepercayaan, kesusilaan, kesopanan, hukum dan menjadi patokan dalam berinteraksi sosial.

Pada kehidupan sehari-hari kita harus menanamkan sikap yang saling toleransi antar sesama makhluk hidup. Sebvagai makhluk hidup, manusia mempunyai naluri untuk senantiasa berhubungan baik dengan masyarakat sekitar lingkungannya. Manusia merupakan makhluk sosial, maka dari itu kita harus mempunyai moral atau etika, logika dan estetika dalam bermasyarakat agar terjadinya hubungan yang baik dengan sesama manusia dan terciptanya keharmonisan antar sesama tanpa membedakan suku, ras dan agam.


Sikap adalah kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu objek dengan cara tertentu, bentuk reaksi dari sikap positif dan negatif yang menimbulkan rasa suka dan tidak suka, dalam mendekati dan menghindari situasi, benda, orang, kelompok dan kebijaksanaan sosial. Evaluasi dari sikap banyak menentukan cara bertindaknya individu, akan tetapi sikap dan tindakan seringkali jauh berbeda. Hal ini karena tindakan nyata ditentukan tidak hanya oleh sikap, akan tetapi oleh berbagai faktor eksternal lainnya. Sikap dari seseorang tidaklah sama dengan perilakunya, sebab seringkali terjadi bahwa seseorang memperlihatkan tindakan yang bertentangan dengan sikapnya. Sikap seseorang dapat berubah dengan diperolehnya tambahan informasi tentang objek tertentu, melalui persuasi serta tekanan dari kelompok sosialnya.

Total comment

Author

Unknown

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply