Contact Form

 

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Nama  : Rizki Candra Nugraha
Kelas  : 1KA24
NPM   : 16112552
     

Manusia atau individu tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya manusia dan individu lain disekitarnya. Memang manusia suatu individu tetapi saat satu manusia bertemu dengan manusia lain, mereka tidak akan saling menunjukkan sifat individu seorangan, tetapi mereka akan melihat suatu persamaan dan kesamaan diantara mereka sehingga membuat diantara mereka saling membantu. Maka dari itu, manusia juga sering disebut sebagai makhluk sosial, yang saling berketergantungan satu sama lainnya.

Setiap individu dari manusia itu sendiri telah diberi akal sehat dan pemikiran yang hebat oleh Sang Penciptanya sehingga mereka bisa membuat suatu penemuan baru. Dan Tuhan sebagai pencipta individu manusia ini, tidak hanya satu jenis saja tetapi Tuhan menciptakan semua makhluknya saling berpasang-pasangan. Karena Tuhan telah mempunyai tujuan sebelumnya, dari mulai saat zaman Nabi Adam a.s, mempertemukan Siti Hawa r.a, yang mana Tuhan menciptakannya dari tulang rusuk Nabi Adam a.s itu sendiri. Ini bertujuan melahirkan keturunan dan menciptakan suatu keluarga baru dari setiap individu manusia itu.

Agar terciptanya suatu keluarga baru, satu individu itu sendiri harus menjalani sebuah proses pernikahan dan perkawinan baik itu dari individu seorang pria dan wanita atau pun sebaliknya. Sehingga terdapat anggota baru, atau keluarga. Yang terdiri suami dan istri, ayah-ibu dan anak-anak nya. Kakek-nenek hingga cucu dan cicitnya, sampai generasi selanjutnya akan tercipta sebuah keluarga. Ikatan keluarga tidak terlepas hanya dari satu dara saja, setiap manusia disebut keluarga bila di dalam suatu kelompok telah saling mengetahui satu sama lainnya atau dari satu lingkup ruang kerja telah menciptakan relationship yang baik, maka disitu juga bisa menjadi sebuah keluarga dalam lingkup ruang kerja.

Peranan dalam keluarga yang di dalam rumah tangga sangat penting untuk membentuk anak-anak mereka menjadi seorang yang bisa diterima dengan baik dalam bermasyarakat. Karena tidaklah mungkin bila dari anak-anak mereka akan menjadi tokoh yang menonjol di masyarakat itu sendiri. Bukan dari pribadinya yang jelek tapi dorongan dan motivasi dari dalam yaitu keluarga yang membuat mereka menjadi sukses.

Individu, keluarga dan masyarakat sangat berhubungan erat. Dari individu sendiri bisa masuk ke dalam (mengambil hati) masyarakat, ia memerluka pribadi yang baik dan mampu bertanggung jawab dalam keputusannya, dan peran serta keluarga sangat membantu saat seorang individu itu menjadi orang yang paling dibutuhkan dalam masyarakat.#nur

Total comment

Author

Unknown

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply