Contact Form

 

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat


Nama  : Rizki Candra Nugraha
Kelas  : 1KA24
NPM   : 16112552


Sejatinya manusia diciptakan oleh tuhan semua sama, tidak dibeda – bedakan. Dimata tuhan pun semua manusia sama, hanya amal yang membedakannya. Inilah hakekat kesamaan derajat pada manusia. Pelapisan sosial sendiri sebenarnya yang membuat adalah manusia itu sendiri, namun apabila pelapisan sosial tersebut tidak dimaknai dengan bijak akan terjadi banyak penyimpangan dan penyelewengan. Banyak contohnya, di negeri kita ini, indonesia secara tidak langsung terjadi pelapisan  sosial antara kalangan atas dan kalangan bawah. Kalangan atas adalah mereka yang memiliki kekuasaan dipemerintahan dan kalangan bawahnya adalah rakyat, kita dapat melihat bahwa pembedaan kelas ini begitu mencolok, contohnya saja dalam penegakan hukum, kesannya di negeri ini pemerintah lebih condong melindungi mereka yang duduk di kursi pemerintahan di banding melindungi keadilan rakyat.


Menurut kenyataan yang terjadi para pejabat negara yang mencuri kesejahteraan rakyat dengan kata lain melakukan Korupsi. Sangat sulit ditangkap dan dijerat hukum ketimbang rakyat biasa yang melakukan kejahatan misalkan pencurian kecil-kecilan, sekalipun pejabat negara di tangkap, mereka juga bukan menghuni penjara-penjara biasa, akan tetapi penjara bak hotel berbintang. Itu semua merupakan akibat dari manusia yang lalai akan hakikatnya dan tidak memaknai pelapisan sosial secara bijak. Pada Hakekatnya, sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia bahwa seluruh masyarakat memiliki hak dan kewajiban yang sama, meskipun dalam Penjara seharusnya pihak-pihak terkait tidaklah membeda-bedakan perlakuan mereka terhadap tahanan-tahanan tertentu. Dalam bermasyarakat kesamaan derajat adalah mutlak, dengan catatan dimata Tuhan yang maha esa, manusia tidak dibedakan antara satu dengan yang lainnya.


Kasus ini merupakan cerminan bahwa Pelapisan Sosial masih mampu memberikan kekuatan kepada mereka yang berada dipuncak urutan lapisan sosial dalam mendapatkan haknya, dilain hal Kesamaan derajat seolah-olah dinomor duakan atas nama pelapisan sosial yang kalau dilihat dari kasus  di atas adalah Uang mampu mengubah seluruh dasar-dasar Persamaan Derajat dan juga Persamaan Sosial.


Sudah seharusnya pihak-pihak terkait melakukan recovery dalam isu-isu sensitif khususnya di sini kecemburuan sosial yang akan terjadi apa bila pelapisan sosial itu diberlakukan dalam pelaksanan atau pemberian Hak - hak lebih kepada mereka yang berada di puncak lapisan sosial, dalam hal ini diukur dalam hal keuangan. Kepekaan akan Kesamaan Derajat juga perlu ditingkatkan pada Seluruh Masyarakat sehingga kerikil - kerikil masalah yang menjurus pada kecemburuan sosial dapat diminimalisir. #nur

Total comment

Author

Unknown

0   comments

Post a Comment

Cancel Reply